PLEASE, STOP COPAS!!!!

untitled-1

Annyeong, Zhie imnida.

Gak tahu harus mulai dari mana, yang jelas karena ini bukan yang pertama kalinya tentu kalian bisa nebak apa maksud dari post-an ini.

Aku bukannya gak tahu diri atau gak tahu malu, karena tiba-tiba nongol dengan post-an ini bukannya lanjutan FF.

Jujur, aku kesal sekarang…

Setelah sempat ‘HELLO BITCHES’ dicopas tanpa ijin dan itu kuanggap dah kelar karena yang bersangkutan udah bersedia hapus walaupun tanpa sedikit mengatakan maaf atau alasan dia copas seenak jidat, tapi itu gak masalah… asal tu FF diapus dari akunnya, namun kini kembali ditemukan FF-ku berada di akun wattpad yg lain dan itu sudah dipost sejak tahun 2015, yang awalnya di DGI berjudul HARU HARU lalu diubah menjadi DAY BY DAY (Wahhhh… tepuk tangan buat siapapun itu, kreativitas dalam mengcopas memang tidak diragukan).

15283944_1349525828400011_6031138080361764778_n   15181375_1349525785066682_465199703121863372_n

Mungkin dari sebagian kalian bepikir…

Ah, kenapa itu diributin? Mending lanjutin FF.

Kan itu resiko karena mempost di media seperti ini.

Yah… kuakui, semua benar. Hal kek gitu makan waktu untuk diributin dan sebagai author blog/sejenisnya memang harus tahu itulah salah satu resikonya.

Tapi, tidakkah orang2 seperti mereka itu berpikir… bagaimana sebuat cerita dapat terbentuk dan tertuangkan melalui tulisan? Apakah dia pikir kita dengan mudah mengerjakannya dalam semalam? Aku yakin, mereka bahkan tidak sedikitpun memikirkannya.

Jadi tolong, siapapun hargailah sebuah karya…

Aku terlalu cape untuk ngurusi hal-hal kek gini, banyak hal yang lebih penting sebenarnya tapi aku berusaha memberi pengertian untuk siapapun…

Ayolah, berhenti copas karya orang tanpa ijin… pingin tu FF juga bisa diapus dari akun yang ngopas tapi aktivitas akun itu terakhir adalah di taon 2015. Jadi aku gak yakin si pengopas akan baca omelanku atau gak di akunnya… karena kemungkinan besar dia gak aktif lagi.

Yang jelas, di sini aku sadar.

Hanya author sendirilah yang bisa menjaga karyanya- bukannya admin ataupun reader blog yang bersangkutan.

Karena itu setelah ini, aku bakal lebih menjaga karyaku… hanya sebuah karya abal2 memang, karya yang kubuat dengan sedikit mencuri waktu tidurku, mencuri waktu luangku, dan mencuri sedikit ruang di kepalaku.

Ini bukan lagi yang pertama, bahkan ini yang kedua… aku gak akan biarin adanya yang ketiga, keempat, ataupun seterusnya.

Jadi kemungkinan untuk post-anku selanjutnya aku akan lebih mengamankanx.

Memberi password tidak lagi menjamin sebenarnya, tapi itu menjadi salah satu pilihan diantara pilihan lainnya… yang jelas, ini cukup jadi pelajaran dan aku masih mencari alternatif lainnya yang juga memudahkanku dan kalian sebagai reader ke depannya.

So, untuk yang dah punya niat tuk copas atau sejenisnya. Urungkanlah… karena yakinlah kamu bisa menghasilkan karya yang bahkan jauh lebih baik.

Jadi…

Please, Stop Copas!

Karena dengan menghargai karya orang lain, maka dengan itulah karyamu juga akan dihargai nantinya.

Itu aja unek2 yang mau kuluapkan, moga hal kek gini gak lagi terulang.

Thanks.

Advertisements

5 thoughts on “PLEASE, STOP COPAS!!!!

  1. Kami reader akan selalu support dan menjaga keaslian dan menghargai karya para author 🌌 selalu semangat buat nerusin ff kalian para masterpiece 🌠
    Hengso 💞

  2. Wah…, sedih denger nya 😢😢
    Sebenernya cukup kesel juga sih, menulis itu bukanlah hal yg mudah, membuat sebuah tulisan memerlukan waktu dan pemikiran yg keras, aku juga pernah coba untuk membuat suatu karya tulisan, ku akui itu tidak semudah membacanya, apalagi semudah mencopas nya dan mengakui itu sebagai tulisan sendiri. Menulis bukan hal yang mudah , aku akui itu!!
    Menjadi seorang readers saja yg bisa membaca sebuah tulisan yg indah dan menarik itu sudah sangat menguntungkan…., setidaknya readers yg membaca membaca tulisan itu merasa beruntung, dan kita sebagai readers bisa lebih menghargai tulisan tersebut. Menghargainya bukanlah dengan mencopas karya tersebut, dan mengpost karya tersebut dengan nama kita sendiri. Setidaknya jadi kan karya itu menjadi inspirasi untuk kita. Well jadi intinya kita tau menghargai karya yg orang lain.
    Maaf jika ini comment yg ga perlu diperhatikan, atau perlu diabaikan. Maaf jka comment ini kepanjangan , atau menyinggung salah satu dari kalian, Maaf sekali. Tetapi aku hanya mengatakan apa yg ada dipikirkan ku.

    Untuk zhie eonni, trus semangat, jangan menyerah. Kalau suatu hari nanti kita mendapatkan orang yg mencopas karyanya eonni, kita hukum gantung saja *bercanda 😁😁
    Intinya tetap semangat eonni!!! Fighting!!!

  3. Aq sebagai readers yg hanya bisa baca cukup marah jg sih klu ada orang yg suka plagiat karya orang padahal aq sendiri tau klu bikin cerita itu susahnya setengah mati untuk ngrangkai satu kalimat aja susah apalagi bikin cerita dan aq hanya bisa suport para author agar terus berkarya dan buat orang yg suka copas dari pada plagiat karya orang lebih baik nggak usah berkarya dan klupun mau berkarya itu ya harus karyanya sendiri…… stop plagiat!!

  4. Walaupun aku ngga ikut nulis ff yg di’copas’ tapi aku juga keseel banget. Karena bikin tulisan kayak gini ngga gampang, butuh perjuangan: nyari inspirasi ide cerita, ngetik ceritanya. Semua itu usaha yaa, jgn seenaknya aja main jiplak. Tinggal minta ijin ke yg punya ff, unnie authornya juga ramah kok dan pasti akan dibalas pertanyaan2. Ya kalo ngga mau nanya, at least cantumin lah author blog nya atau identitasnya. (Walaupun lebih bagus kalo minta ijin dulu sih). Please stop plagiarism.
    Untuk unnie author, semangaattt. Semoga ga ada kejadian kayak gini lagi. Fighyiiing !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s