Darabitt

384244_416237585105735_1554240289_n

Nama: Sandara Park (산다라박)

Julukan: Sandy, Dara, Darong, Kiray, Krung Krung

Tgl Lahir: 12 November 1984

Tinggi: 162 cm (5′ 4″)

Berat: 40 Kg

Gol. Darah: A

Agama: Atheis

Keunggulan: Acting, Tagalog, English, Chinese

Cafe: http://cafe.daum.net/sandara

Cyworld: http://cyworld.com/ygdara

Me2Day: http://me2day.net/21dara

Twitter : @krungy21

tumblr_lr19wk8dwU1qc3qyqo1_500

        Sandara Park terlahir di sebuah keluarga yang berkecukupan pada awalnya. Tetapi ketika usianya meninjak 8 tahun, mungkin karena ada kesalahpahaman dari keluarga ayahnya yang membuat perusahaan ayahnya bangkrut. Dengan harapan bisa memperbaiki ekonomi keluarganya, ayah Sandara pun mencoba keberuntungan di negeri seberang, yaitu Philippina. Beliau tinggal dan menetap di Pasay City dan memulai bisnis kembali di sana. Sementara itu Sandara, ibu dan adiknya tetep tinggal di rumah neneknya di Korea sambil menanti kabar dari sang ayah yang punya cukup uang untuk memboyong mereka semua ke Philippina juga. Dan pada tahun 1995, ketika usianya 11 tahun, Sandara sekeluarga pun segera diboyong ke Philippina. Selama awal-awal tinggal di Philippina, tidak seorang pun dapat berbahasa Tagalog. Tetapi sejak memasuki sekolah di sana Sandara pun mulai belajar bahasa Tagalog dan bahasa Inggris, sampe akhirnya doi jadi fasih.

Selama masih dalam masa-masa sekolah, Sandara pun bertemu dengan seseorang yang akan mengubah hidupnya selamanya, yaitu Pauleen Luna yang merupakan artis dari ABS-CBN. Pauleen pun membujuk Sandara dengan berbagai macam rayuan maut yang berbisa kepada Sandara untuk ikut audisi acara “Star Circle Quest”, yang merupakan acara reality show pencarian bibit-bibit berbakat calon artis di sana. Pada awalnya Sandara ogah-ogahan disuruh ikut acara begituan karena ngakunya Sandara tu pemalu abis, Pauleen pun tidak menyerah sampai di situ. Segala macam cara pun dicobanya mulai dari disogok pake bakso sampe rayuan kalo artis bisa maen internet gratis seumur hidup. Tergerak dengan iming-iming bisa Online gratis seumur hidup, Sandara pun akhirnya luluh juga dan bersedia ikut audisi.

Selama acara berlangsung, banyak banget rintangan dan tantangan yang harus dihadapi olehnya yang membuatnya nyaris beberapa kali akan dieliminasi, terutama karena kendala bahasa dan di beberapa kesempatan memperoleh masalah dengan latihan-latihan harian yang telah disiapkan oleh para juri acara tersebut selama masa karantinanya. Selain itu Sandara dianggap monoton dan payah dalam hal ketepatan. Walaupun begitu Sandara menjalani hari-hari karantinanya tetap dengan semangat dan kharisma yang ditunjukkannya. Hal tersebut akhirnya terbukti di mana doi memperoleh banyak suara dukungan sehingga beberapa kali doi memperoleh Texter’s Choice Award yang diadakan setiap minggu penayangan episodnya. Akhirnya ketika memasuki babak 5 besar, Sandara pun memecahkan rekor sebagai kontestan cewek pertama dengan memperoleh vote terbanyak, yaitu 500.000 suara. Sampai pada akhirnya Sandara pun harus bersaing ketat berdua dengan Hero Angeles di babak final. Selama keikutsertaannya tersebut, total suara yang dikumpulkan oleh Sandara berjumlah 2.000.000 suara.

Para pirsawan yang budiman pun banyak yang turut memperhatikan kalo hubungan persaingan di antara Hero-Sandara ini lama-kelamaan bakalan berkembang dan menjadi bukan sekedar hubungan teman biasa… hu hu hu…

Selepasnya dari hari-hari penuh penistaan di Star Circle Quest, berbagai tawaran pun bergelimpahan datang pada Sandara. Sedikitnya ada 6 buah tawaran untuk bermain iklan datang padanya. Selain itu Sandara pun menerima beberapa tawaran untuk muncul di acara tipi, antara lain berperan sebagai Sandara Soh di acara Star Circle Quest spin-off SCQ Reload, sebagai Ok Ako di SCQ Reload, I’m OK, sebagai host di acara “Sandara’s Romance”, dan ASAP Fanatic, yang merupakan variety show remaja. Selain itu Sandara juga membintangi sebuah opera sabun yang berjudul Krystala, sebagai Kim, yang mempunyai kepribadian yang mirip dengannya di dunia nyata. Namun di acara ini jatah kemunculan Sandara agak terbatas karena jadwalnya yang ketat.

Selain itu, Sandara pun menyadari kalo doi juga berbakat dalam menyanyi yang pada akhirnya memberikannya kesempatan untuk menelurkan sebuah mini album yang berjudul “Sandara Park” dengan single hitnya “In Or Out” yang berisi pengalamannya selama masa karantina di Star Circle Quest dan “Walang Sabit” yang dibuat menjadi jingle iklan sampo “Rejoice”. Album tersebut menuai kesuksesan dengan diperolehnya Sertifikat Double Platinum dan terjual lebih dari 60.000 kopi…

Setelah beberapa berita yang menggemparkan dan bikin penasaran antara hubungannya dengan Hero Angeles, entah kenapa akhirnya Sandara pun memutuskan untuk terbang kembali ke Korea tanah aer beta untuk melanjutkan kuliah dan bekerja di sana. Ada beberapa desas-desus yang mengatakan bahwa Sandara akan menjadi seorang penyanyi dan aktris di sana. Tetapi karena beberapa hal, akhirnya rencana tersebut pun tidak kunjung terwujud.

Gara-gara rumor tersebut, Sandara diberitakan memiliki hubungan yang tidak baik dengan Hero dan manajernya (yang juga kakak Hero) yang bernama Henry. Hero Angeles pun langsung menuntut si kolumnis penyebar berita palsu ini, Christy Fermin. Meskipun demikian, Sandara tetep keukeuh untuk berangkat ke Korea dan meninggalkan berita tersebut kepada para pirsawan untuk memutuskannya sendiri.

Selama tinggal di Korea, Joseph Bitangcol (mantan rekan selama karantina Star Circle Quest) pun mengakui dan mengungkapkan ke media massa tentang kedekatan hubungannya dengan Sandara yang membuat para fans Hero-Sandara pun kesurupan satu per satu dan bergelimpangan di jalan, kaget dengan pernyataan menggemparkan tersebut.

Kemudian pada tanggal 14 Juli 2007, dalam sebuah wawancara, Joseph pun menyatakan kalo dia dan Sandara akhirnya resmi bubaran, dengan alasan karena tidak ada kecocokan di antara mereka berdua… -_-

6 bulan setelah pernyataannya untuk melanjutkan sekolah ke Korea Selatan, Sandara pun kembali ke Philippina tanah aer beta untuk melanjutkan karir keartisannya. Namun kembalinya Sandara ini ternyata mendapat sambitan sambutan dingin di antara para pemirsanya terdahulu. Padahal udah aja doi mengembangkan kemampuan menyanyi dan aktingnya selama di Korea dan mendapatkan undangan untuk tampil dalam sebuah acara di tipi. Hal ini dikarenakan pada saat yang bersamaan, sebuah acara yang bertajuk “The Pinoy Big Brother” mendulang kesuksesan yang amat sangat di antara para penontonnya.

Hal ini pun pada akhirnya membuat Sandara angkat bicara perihal tentang tanggapan dingin yang diterima saat comebacknya tersebut dan betapa dia iri dengan kehangatan yang ditunjukkan oleh acara “The Pinoy Big Brother” yang dikomentarinya sebagai acara penuh warna, sementara doi cuman berwarna hitam-putih. Tanpa disangka dan tanpa dinyanya, sebuah komentar yang menggemparkan pun akhirnya keluar dari mulut Sandara yang manis tersebut, bahwa di dalam keluarga, ayahnya telah menelantarkannya dan ternyata telah menikah lagi tanpa sepengetahuannya. Selain itu ayahnya suka memukuli ibunya yang pada akhirnya menguras habis semua harta penyimpanan keluarganya, meninggalkan mereka dalam posisi yang sulit sekali lagi.

Saat itu adalah masa-masa yang paling sulit bagi Sandara, karena walopun saat itu doi dibilang artis remaja yang paling populer, di lain pihak ada beberapa orang yang mengatakan bahwa doi berlebihan dan tidak punya substansi.

Selain itu antusiasme masyarakat terhadap Sandara pun semakin surut seiring dengan rumor tidak sedapnya yang putus dengan Hero Angeles, di mana karir keartisan Hero Angeles pun juga merosot dengan tajam yang akhirnya Hero memutuskan untuk bekerja di belakang layar sebagai sutradara. Begitu pula dengan rekan saat masih di Star Circle Quest yang akhirnya juga pacaran dengan Sandara, Joseph Bitangcol. Selain itu seorang kolumnis surat kabar ternama “Philippine Daily Inquirer”, Eric S. Caruncho, juga menyebutkan bahwa lagu debut Sandara yang berjudul “In Or Out” sebagai “lagu bodoh yang mengganggu”.

Seminggu setelah pernyataan Sandara di tipi nasional tersebut, Star Cinema mengumumkan bahwa Sandara dan Joseph Bitangcol (yang waktu itu masih pacaran) akan membintangi sebuah film bersama yang berjudul D’Lucky Ones. Bersamaan dengan itu pula Sandara menyanyikan lagu sontrek untuk film ini, berjudul “Ang Ganda Ko”. Film ini pertama kali dirilis pada 16 April 2006 dan hanya memperoleh pendapatan kotor 11,2 juta Peso.

Kemudian, Sandara pun mengikat kontrak dengan Regal Films hanya sehubungan dengan pengurusan kerjaan Sandara sebagai pemeran utama di film tersebut, dengan Dondon Monteverde sebagai manajer (sementara)nya. Sandara pun dikatakan membuat debut sebagai artis baru Regal dalam film Super Noypi, bermain bersama dengan aktor dari GMA Network, yang menjadi nominasi Metro Manila Film Festival. Meskipun masih resmi bernaung di bawah manajemen anak perusahaan ABS-CBN, Star Magic, Sandara pernah muncul sebagai bintang tamu dalam acara yang diprakarsai oleh GMA Networks, Mel & Joey. Hal ini pun memunculkan kritik yang keras dari masyarakat bahwa Sandara sedang mengeksplorasi kesempatan dalam kesempitan dengan cara muncul dalam acara dari manajemen saingan.

Kemudian pada tanggal 1 Agustus 2007 dan tidak ada kerjaan yang berarti, Sandara pun sekali lagi meninggalkan Philippina dan terbang ke Korea tanah aer beta, mengajak serta adik dan ibunya untuk memulai kembali kehidupan mereka. Sehari setelah sampai di Korea, Paman YG pun mengumumkan bahwa Sandara telah resmi mengikat kontrak dengan YG Entertainment dengan keyakinan penuh bakalan bisa sukses seperti BoA. Dan akhirnya Sandara pun masuk ke dunia YG Family bersama-sama dengan Bigbang, SE7EN, Gummy, 1TYM, JinuSean, & Lexy.

Kemudian Sandara pun resmi tergabung dalam girlgrup 2NE1, yang merupakan versi cewek dari boyband Big Bang, bersama-sama dengan CL, Park Bom, dan Minzy dengan debut perform pertama kali pada tanggal 17 Mei 2009, di SBS Inkigayo membawakan single pertama mereka, “FIRE”, yang menjadi Big Hit dalam permusikan Korea akhir-akhir ini…

TV Shows

2004 – SCQ Reload: OK Ako! *SCQ Reload: I’m Ok!* (Sandara Soh)

2004 – Sandara’s Romance (Sandara Park)

2004 – Krystala (kim)

2004 – 내 이름은 산다라 박 *My Name is Sandara Park* (Sandara park)

2004 – Sandara: Ang Pambansang Krung-Krung ng Pilipinas; TV Special

2005 – SCQ Reload: Kilig Ako! *SCQ Reload: ???* (Sandara Soh)

2005 – Maalaala Mo Kaya *Will You Remember*

2005 – Farewell Lovers: A Lover in Paris Special (Host)

2006 – Komiks: Machete *Comics: Machete* (Mara)

2006 – Crazy for You (Ara)

2006 – O-Ha!

2006 – Gudtaym (Sandara park)

2006 – Star Magic Presents: Bongga (Barbie)

2006 – Star Magic Presents: Abt Ur Luv (Bettina)

2007 – Nuts Entertainment: Balakubak

2007 – Dalawang Tisoy (Kim/Kiray)

2007 – The ARAW Values Advertising Awards (Presenter)

2009 – 돌아온 일지매 *The Return of Iljimae* (Rie)

TV Movie

2004 – Volta (Cameo)

2004 – Because Of You (April)

2005 – Can This Be Love (Daisy/Yoon Hea)

2006 – D’ Lucky Ones (Lucky Girl)

2007 – Super Noypi (Michi)

Music/Talent Shows

2004 – Star Circle Quest

2004 – ASAP Fanatic

2008 – Music video of “I’m Sorry” by Gummy

Anime

2006 – Voltes V (Jamie Robinson)

Solo Discography

[Album] Sandara Park (2004)

1. In Or Out

2. Mapasagot Mo Kaya Ako

3. Walang sabit

4. Smile in Your Heart

5. Sabi Ko Na Nga Ba

6. Dear Heart

[Single] Walang Sabit (2005)

1. Walang Sabit

[Single] Ang Ganda Ko *I’m beautiful* (2006)

1. Ang Ganda ko *I’m beautiful*

2NE1 Discography

[Single] Lollipop (March 27, 2009)

1. Lollipop (feat. Big Bang)

[Single] FIRE (May 6, 2009)

1. Fire

[Mini-album] 2NE1 1st Mini Album (2009.07.08)

1. FIRE

2. I Don’t Care

3. In The Club

4. Let’s Go PARTY

5. Pretty Boy

6. Stay Together

7. Lollipop (feat. BIG BANG)

[Full-album] 2NE1 To Anyone

01. Can’t Nobody

02. Go Away

03. 박수쳐

04. 난 바빠

05. 아파 (SLOW)

06. 사랑은 아야야

07. YOU AND I

08. PLEASE DON’T GO

09. KISS

10. 날 따라 해봐요

11. I DON’T CARE (Reggae mix)

12. Can’t Nobody (Eng. ver)

CF Song

1. Try to Follow Me (2009)

2. Don’t Stop The Music (2010)

Endorsements

* LG CYON as member of 2NE1

* Fila as member of 2NE1

* 11st CF as member of 2NE1

* Cass Beer with Lee Min Ho

* Yamaha Fiore as member of 2NE1

* Etude Miss Tangerine

FEATURINGS

Songs As featured vocalist

* LG CYON Commercial: “Lollipop” as member of 2NE1

* G-Dragon Heartbreaker: Track 5 “Hello”

The Trivias

* Pelajaran favorit saat sekolah: Pidato, karena tidak ada pelajarannya  sehingga banyak aktivitas yang dilakukan

* Pelajaran yang dibenci: Semua! (Fisika dan semacamnya)

* Warna favorit: Merah

* Ekspresi favorit: Whoa! Ha!

* Penyanyi Favorit: (Korea) Lee Hyo Ri, (Philippines) Regine Velasquezt, (US) Black Eyed Peas, Christina Aguilera, Britney Spears.

* Lagu favorit di albumnya: In Or Out

* Lagu favorit di mini album 2NE1: Pretty Boy

* Parfum Favorit: Dolce & Gabbana Light Blue

* Makanan favorit: nasi goreng & kimchi

* Rasa es krim favorit: Bubble Gum

* Sepatu favorit: rubber shoes & sandals

* Hobinya: belanja, browsing internet, mengumpulkan sepatu dan parfum, pergi ke karaoke, poto-poto diri sendiri dan teman-teman

* Adik laki-laki satu-satunya, Park Sang Hyun, pun turut terjun di dunia hiburan bergabung bersama grup MBLAQ asuhan JTune Entertainment dengan stagename CheonDoong

* Sobatan baik dengan Park Bom karena marga yang sama (sampe diberi nama “Park Sisters”), Goo Hye Sun, dan koreografer Aimee Lee Lucas.

* Awalnya Paman YG melatih Dara untuk menjadi seorang aktris seperti Goo Hye Sun, namun Dara ingin lebih serius di nyanyi. Kemudian pada suatu waktu Dara, SE7EN, dan G Dragon pergi karaoke dan Dara pun menunjukkan kemampuan menyanyinya di sono sambil direkam. Esoknya rekaman tersebut diserahkan kepada Paman YG, dan voila! Paman YG pun mengijinkan Dara untuk bernyanyi.

* Sebelum 2NE1 terbentuk, Paman YG berencana untuk membentuk trio vokal yang terdiri dari Park Bom, Goo Hye Sun dan Sandara Park. Tetapi kemudian hal tersebut pun diurungkan.

Source: wannyaa (noizumi wordpress)

Edit : Liany Yunita Gunawan

Advertisements

7 thoughts on “Darabitt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s