FOLKLORE [Oneshoot]

folklore

Author : DeeXXI

Genre : family, slice of life, comedy (maybe)

Cast by :

Sandara Park                      Kwon Jiyong                       Seo Bumgwon

Desclaimer : fanfic dengan plot yang mungkin aneh. Entah ini drabble atau ficlet entah juga apakah ini bakal jadi oneshoot atau fanfic opening. Cerita yang diangkat dari cerita rakyat asal indonesia. Mari kita mulai mencintai cerita rakyat indonesia XD

><><

Dara membuka pintu kamarnya, suaminya kwon jiyong mengikutinya dari belakang. Dara memasuki kamar mandi untuk mendapat mandi cepat, setelah ia keluar dari kamar mandi ia tersenyum melihat suaminya tergeletak tak berdaya di atas kasur mereka.

Dara mendekatinya lalu duduk disampingnya “jiyong” panggilnya lembut, ia mengusap lembut pipi suaminya agar ia terbangun “mandilah terlebih dahulu sebelum kau tertidur” jiyong meregangkan otonya yang terasa kebas lalu menarik istrinya kedalam pelukannya. “apakah setelah aku mandi aku akan mendapat sesuatu?” tanyanya

“Pervert. Mandilah aku tidak ingin tidur bersama pria bau. Kau kotor babe” ucap dara, jiyong melepaskan tubuh dara dan beranjak ke kamar mandi. Dara menyiapkan baju untuk suaminya selama jiyong berada di dalam kamar mandi. Jiyong keluar setelah 15 menit, ia memakai bajunya dan merangkak naik ke atas kasur. Berbaring disamping istrinya.

“aku merindukanmuuuu~~” ucap jiyong memeluk dara erat. Dara hanya tertawa ringan mendengar ucapan jiyong, lalu mereka mendengar sebuah suarapintu yang terbuka menampilkan anak lelaki mereka.

Jiyong mendesah pelan melihat bocah kecil itu menatap mereka dengan tatapan polosnya. Dara berbalik masih berada dikasur karena jiyong memeluknya dari belakang. “eomma” panggilnya, “nde chagia” jiyong menarik istrinya lebih dekat “bolehkah aku tidur disini?” tanyanya

Dara melirik suaminya sebelum menjawab ‘ya’ jiyong mendesah pelan lalu melepaskan pelukannya. Bumgwon berlali kearahnya lalu menempatkan diri di tengah tengah mereka berdua. “jadi, bagaimana sekolahmu bummie-ah?” tanya dara

Bumgwon tertawa sebelum mencium pipi kedua orang tuanya “sangat menyenangkan!! Aku bercerita di depan kelas dan aku mendapat bintang dua!!” ucapnya dengan semangat, “apa yang kau ceritakan?” tanyanya, “aku menceritakan tugasku”

“tugasmu?” tanya dara dengan alis berkerut “ya, kemarin aku mendapat tugas mencari sebuah cerita rakyat dari luar negeri. Songsaengnim bilang cerita yang kami ceritakan tidak boleh sama, jadi aku memutuskan untuk mengambil cerita dari indonesia” ceritanya,

“indonesia?” tanya jiyong, “ya, kau tidak tahu?” tanya bumgwon. “tentu saja aku tahu, negara dengan banyak pulau. Negara tropis yang dilewati oleh garis khatulistiwa” jelas jiyong, “aku tidak begitu tahu apa itu garis khatulistiwa” gumam bumgwon, jiyong memutar matanya.

“baiklah, lanjutkan anakku” ucap dara, “ahh cerita ini berasal dari negara indonesia, tepatnya di pulau jawa bagian barat. Disana ada sebuah cerita dengan judul sangkuriang” ucapnya seolah memulai cerita. Tangannya seolah membentuk pelangi.

“apakah kalian ingin mendengar ceritaku?” tanya bumgwon. Dara mengangguk saat bumgwon menatapnya tapi jiyong menatapnya tajam “yeobo” jiyong mendesah sebelum mengangguk, catatan! Jika dara telah memanggilnya ‘yeobo’ maka ia akan mendapat sebuah bencana.

“baiklah aku akan menceritakannya jika kalian memaksa” gumam bumgwon membuat jiyong menatapnya horror. Apa yang baru saja ia katakan? “jadi.. pada suatu hari-“

“apakah kau menamai tokohnya dengan nama mereka?” tanya jiyong memotong cerita bumgwon, “uh-uh aku mengganti nama tokohnya dengan nama kalian” ucapnya dengan senyum diwajah “baiklah lanjutkan” bumgwon membersihkan tenggorokannya sebelum memulai cerita.

“pada suatu hari, ada sebuah kerajaan di pulau jawa bagian barat. Dikerajaan itu terdapat seorang putri yang saaaaangaaaattttt cantik. Dia bernama kwon sandara” ucapnya lalu mencium pipi dara, “bukankah dia cantik appa?” tanya bumgwon, jiyong mengangguk “aku setuju untuk itu. apakah ia menikah dengan seorang pangeran tampan bernama kwon jiyong?” tanya jiyong. “siapa yang mengatakan itu? jangan mencoba mendahuluiku appa. Kau tidak tahu ceritanya” ucap bumgwon menggoyangkan jarinya ke kanan dan kekiri memberi jiyong peringatan.

Dara tertawa pelan melihat sikap bumgwon pada jiyong, jiyong mendesah pelan mengalah pada anaknya. “dia hidup bersama beberapa pengawalnya dan seekor anjing bernama kwon gaho” ucapnya tersenyum “what!!! Bagaimana bisa kau menamai gaho dengan kwon? lalu apa yang terjadi dengan kwon jiyong?” tanya jiyong.

“bisakah kau diam appa? Aku sedang bercerita. Jika kau ingin bercerita kembalilah ke taman kanak-kanak” ucapnya dengan nada serius. Dara kembali tertawa mendegar ucapan bumgwon pada ayahnya “chagiaaa lihatlah anak ini. Apakah kau senang melihat suamimu seperti ini?” tanya jiyong, dara mengusap kepala jiyong lalu mencium pipinya “jangan cemberut kau terlihat lebih jelek jika seperti itu” ucapnya

“bisakah aku melanjutkan ceritaku?” tanya bumgwon dingin. “baiklah bummie-ah lanjutkan” ucap dara sebelum memberi ciuman di pipi bumgwon. “pada suatu hari, putri sandara kwon sedang merajut dengan benang woll. Dan saat ia sedang merajut benang woll itu salah satu benangnya terjatuh ke bawah rumah mereka. Karena putri sandara kwon sedang malas untuk turun, jadi dia memberi perintah kepada siapapun yang berada dibawah untuk mengambilnya. Dia mengatakan “siapapun yang mengambilkan benang woll itu untukku akan aku beri hadiah. Jika dia seorang wanita akan aku jadikan seorang saudara. Dan jika dia seorang pria akan aku jadikan suami”” ucapnya menirukan suara wanita.

“apakah kwon jiyong yang mengambilkan benang itu? apakah mereka hidup bahagia bersama? Apakah dia juga memiliki anak yang nakal sepertimu?” tanya jiyong beruntun. Bumgwon menatap tajam ke arah jiyong, “eommaaa bisakah appa diam? Aku tidak bisa konsentrasi pada ceritaku~~” rengeknya menunjuk ke arah jiyong, “yeobo” peringatnya sekali lagi. “baiklah aku akan diam”

Bumgwon tersenyum ke arah dara “setelah putri sandara kwon mengatakan itu, ia menunggu orang yang akan mengambilkannya benang woll. Dan beberapa saat kemudian, kwon gaho datang dengan benang woll di mulutnya. Putri sandara kwon terkejut saat melihat kwon gaho yang datang kesana dengan benang woll, ia merasa menyesal telah mengatakan itu. namun karena ia telah mengatakan itu, ia tidak bisa berbuat apa-apa” ucapnya, “mwo? Jadi putri sandara kwon menikah dengan seekor anjing? Chagia bagaimana bisa kau menikah dengan seekor anjing? Kau pasti sudah tidak waras” bumgwon memutar matanya

“ini hanya cerita appa. Jika kau terus berbicara sebaiknya kau pergi dari sini” jiyong melebarkan matanya, apakah baru saja ia diusir oleh anaknya? Sial anak ini. “aku akan melanjutkan” ucapnya sebelum menarik nafas.

“setelah beberapa bulan, putri sandara kwon mengandung anak kwon gaho. Aku tidak begitu yakin bagaimana putri sandara kwon bisa mengandung kwon gaho tapi yang aku dengar dari nanny seperti itu” ucapnya “baiklah, hanya lanjutkan ceritamu, aku ingin tahu dimana aku berada” ucap jiyong tidak sabar “kau tidak sabar eoh?” goda bumgwon. “aisht anak ini, bagaimana bisa kau melahirkan anak seperti ini chagiaaa” rengek jiyong. dara tertawa melihat tingkah suami dan anaknya, “aku hanya menampungnya chagi, itu adalah sel spermamu. Jadi yang bermasalah adalah dirimu!” ucap dara tegas.

“bisa aku melanjutkan?” tanya bumgwon, keduanya mengangguk “putri sandara kwon melahirkan seorang anak laki-laki yang mereka beri nama kwon jiyong” ucap bumgwon “aku jadi anak mereka? Bagaimana bisa? Aisht mengapa tidak namamu yang menjadi anak mereka? Mengapa aku tidak menjadi suami dari putri sandara kwon?” tanya jiyong tidak terima.

“apakah appa ingin menjadi seekor anjing?” tanya bumgwon, “aisht kau ini” jiyong memutar matanya. “aku akan melanjutkan” gumamnya, “setelah beberapa tahun kemudian, putri sandara kwon merasa ingin memakan hati seekor rusa yang berada di tengah hutan. Ahh aku melupakan fakta bahwa mereka diusir dari kerajaan. Kembali ke cerita. Putri kwon sandara meminta anaknya kwon jiyong dengan kwon gaho pergi berburu untuk mendapatkan hati rusa. Dari pagi hingga sore ia tidak melihat hewan apapun ditengah hutan hingga seekor babi hutan melewati mereka. Kwon jiyong memberi perintah kepada kwon gaho untuk memburunya tapi kwon gaho tahu bahwa itu adalah neneknya kwon jiyong. disini, kwon sandara itu adalah seorang anak yang diambil dari hutan. Dia terlahir dari seorang dewi yang dikutuk oleh tuhan karena melakukan kesalahan. Dan dewi ini bersama dengan kwon gaho yang juga sebenarnya seorang dewa saat melakukan kesalahan. Dewi ini dikutuk menjadi seekor babi hutan dan dewa itu sendiri dikutuk menjadi seekor anjing” jelasnya

“jadi sebenarnya mereka adalah siluman? Kau terlahir dari siluman babe. Aku tidak percaya ini” ungkap jiyong, dara hanya memberinya tatapan tajam “baik aku akan diam” ucap jiyong menutup mulutnya, “karena kwon gaho tidak menuruti perintah kwon jiyong maka kwon jiyong menakut-nakutinya dengan anak panah. Ia tidak tahu jika ia akan melepaskan anak panah itu sehingga mengenai kwon gaho. Kwon jiyong sangat panik saat anak panah itu menancap pada tubuh kwon gaho”

“apakah gaho meninggal?” tanya jiyong, “ya, dia meninggal. Karena takut dimarahi, akhirnya kwon jiyong menyembelih kwon gaho dan mengambil jantungnya untuk diberikan kepada sandara kwon. sandara kwon tidak menyadari itu hingga ia selesai makan. Setelah selesai makan ia bertanya pada anaknya, “kemana kwon gaho anakku” tanya sandara kwon. kwon jiyong kebingungan harus menjawab apa karena tentu saja ia takut dimarahi. Namun kwon jiyong mengaku pada sandara kwon bahwa jantung yang ia makan tadi adalah jantung kwon gaho. Sandara kwon tidak terima dan sangat marah pada kwon jiyong bagaimana bisa ia membunuh ayahnya sendiri sandara kwon memukul kepala kwon jiyong dengan sendok yang terbuat dari tempurung hingga menimbulkan luka di kepala kwon jiyong. sandara kwon juga mengusir kwon jiyong dari rumah. Dan setelah kwon jiyong pergi, sandara kwon merasa sangat bersalah. Ia tidak seharusnya melakukan itu pada kwon jiyong” ucapnya

“apakah ceritanya sudah selesai? Mengapa aku menjadi anak durhaka disini?” tanya jiyong “hanya dengarkan dulu jiyong, mungkin dia belum selesai bercerita” gumam dara, jiyong menatap istrinya lalu mencuri ciuman di pipinya.

“aku disini untuk bercerita bukan melihatmu mencium pipi eomma” ucapnya datar, “lanjutkan ceritamu” ucapnya, “sampai mana tadi kita?” tanya bumgwon. “sampai kwon jiyong diusir dari rumah dan sandara kwon menyesal.  Jangan melakukan itu jika kau tidak ingin menyesal oke babe” dara mengangguk.

“mereka hidup terpisah, kwon jiyong di desa dan sandara kwon di hutan. Suatu hari, sandara kwon pergi ke pasar untuk membeli sesuatu dan ia bertemu dengan seorang pemuda tampan” jelas bumgwon “jangan katakan pria itu adalah jung ilwoo, aku sudah cukup muak dengan pria itu” gumam jiyong kesal. “appa” peringat bumgwon, “aku diam”

“pria itu jatuh hati pada putri sandara kwon karena kecantikannya yang tiada tara. Begitupun putri sandara kwon, ia jatuh cinta pada pria itu. mereka saling dekat dan mulai berkencan. Namun saat putri sandara kwon mengetahui siapa pemuda itu ia menjauhinya. Pemuda yang mendekatinya adalah anaknya sendiri. Kwon jiyong. namun karena kwon jiyong bukan seorang pemuda yang pantang menyerah ia tetap mengejar cintanya putri sandara kwon.putri sandara kwon merasa risih hingga akhirnya ia memberi kwon jiyong permintaan “jika kau ingin menikahiku, kau harus melakukan 2 hal untukku” ucapnya pada kwon jiyong.”

“apakah kwon jiyong menyanggupi itu? apa permintaannya?” tanya jiyong, “kwon jiyong menyanggupinya. Dan permintaannya adalah kwon jiyong harus membuatkan sandara park sebuah bendungan dan sebuah perahu yang besar untuk mereka pergi berbulan madu” ucap bumgwon, keduanya mengangguk “eomma, bulan madu itu apa?” tanya bumgwon pada dara

Dara tampak berfikir bagaimana ia harus menjawab pertanyaan dari anaknya itu? “sebaiknya kau lanjutkan ceritamu, apa yang terjadi pada keduanya? Apakah mereka menikah dan hidup bahagia?” tanya jiyong mengalihkan pertanyaan bumgwon.

“tidak, putri sandara kwon meminta kwon jiyong agar membuatkan itu semua dalam satu malam. Tapi karena kwon jiyong sangat ingin menikah dengan putri sandara kwon jadi ia meminta bantuan makhluk gaib. Mereka mampu membuat bendungan tapi tidak untuk perahu, sebenarnya perahu sudah hampir jadi namun matahari lebih dulu bersinar dan itu membuat kwon jiyong kecewa. Ia kesal dan menendang perahu besar tersebut hingga menjungkal. Dan perahu itu berubah menjadi gunung yang disebut gunung tangkuban parahu. Menurut bibi kim tangkuban dan parahu itu adalah dua kata yang berasal dari bahasa daerah tersebut. Yang artinya perahu yang terjungkal” jelas bumgwon, keduanya mengangguk.

“kau ingin berlibur kesana suatu hari?” tanya dara, “bolehkah?” tanya bumgwon dengan mata bersinar, “tentu, jika kau bisa menjadi anak baik aku berjanji akan mengajakmu berlibur kemanapun kau mau” ucap dara, “benarkah appa?” tanya bumgwon kini menoleh kepada jiyong.

Jiyong mengangguk tanda setuju, “apakah ceritanya sudah selesai?” tanya jiyong, “sudah, aku mendapat nilai bintang untuk ceritaku itu. bukankah aku sangat hebat eomma? appa? Aku fikir cerita dari indonesia tidak kalah menarik dari cerita negara yang lainnya. Dan disana banyak sekali keragaman budaya karena terdapat banyak pulau yang memiliki ciri khas tersendiri” gumam bumgwon.

Dara tersenyum hangat kearah anak satu-satunya “apakah aku bisa tinggal disana suatu hari nanti? Kufikir cuaca disana cukup hangat dibanding disini” ucap bumgwon, “hanya lakukan yang terbaik dan buat kedua orang tuamu bangga. Aku akan selalu mendukungmu apapun yang kau inginkan” ucap dara sebelum mencium puncak kepala bumgwon “asalkan kau menjadi anak yang baik, kami akan mendukungmu” lanjut jiyong.

Bumgwon menguap lalu menaikkan tangannya untuk meregangkan otot “maukah kau menyanyikan sebuah lagu untukku? Sepertinya aku ingin tidur” gumam bumgwon, jiyong tersenyum kearah anaknya.

Dara merapikan selimbut yang membungkus mereka lalu jiyong menyanyikan lagu pengantar tidur untuk mereka. Little star adalah lagu favorite bumgwon. Jadi jiyong menyanyikan lagu itu hingga anaknya tertidur. “dia tumbuh menjadi anak yang pintar” gumam jiyong dara tersenyum hangat kearahnya “aku sangat bangga padanya” jiyong mengangguk setuju. “terima kasih telah melahirkan anak yang sangat pintar dan tampan ini. Aku yakin dia akan tampan sepertiku” dara menjulurkan lidahnya mengejek jiyong. dia selalu memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

“tidurlah, kita memiliki jadwal meeting yang padat besok” dara mengangguk “selamat malam” gumam dara, “selamat malam babe” jiyong mencium puncak kepala dara dan bumgwon sebelum memeluk keduanya.

-The End-

a/n : annyeong yeorobun… masih ingat aku? Author yang sama dari fanfic Love Song (songfic), Again?, Cry dan ini mungkin jadi ff oneshot yang ketiga karena Cry adalah fanfic drabble. ini fanfic pembuka sebelum aku post ff chapter milikku selanjutnya. Orang jawa barat atau orang sunda pasti tahu cerita sangkuriang atau asal mula gunung tangkuban perahu. Ini sebenernya iseng saat baca ff yang berdasarkan cerita rakyat negara orang. Mereka aja bangga sama cerita rakyat mereka kenapa kita ngga? Dan jadilah ini. Maafkan aku jika ada kesalahan cerita atau typo dkk.

Untuk post selanjutnya mungkin akan aku post dihari hari yang udah aku tentuin. Ceritanya terinspirasi dari lagu lee hi di album seoulite. Jadi judul cerita aku selanjutnya adalah seoulite, dengan alur cerita menurut lagu dialbum seoulite milik lee hi. Bisa dibilang ini adalah kumpulan songfic yang nyambung karena setiap chapter merupakan songfic dari lagu di album tersebut. Mari kita sebut ini sebagai alfic atau albumfiction kekeke. Ahh dan itu pun kalau respon dari sini bagus. dan satu lagi, aku bukan Cuma post ff seoulite di DGI tapi di Wattpad juga, so jika ada yang punya wattpad bisa di follow : DG-XXI (karena uname DeeXXI udah ada yang make, mungkin uname aku dulu yang lupa password XD) sekian dariku, semoga kalian sukaaa \(^o^)/

Advertisements

19 thoughts on “FOLKLORE [Oneshoot]

  1. Cetitanya seruuu, ringan tapi ga bikin boseenn apalagi ngambil cerita rakyat kaya gini
    Ditunggu ff seriesnya thorrr, fighting fighting💪💪

  2. bagus xD gue suka tp ada yg kurang di bagian bumgwon, coba diceritain detailnya gimana bumgwon tau indonesia. Knp harus indonesia, ya cukup darimana dia tau indonesia aja gitu. Lanjutkan thor xD

  3. Ceritanya seru bgt kok kak….br kli ini baca ff dgi nyeritain tentang indonesia ditungguin ff lainnya jg ya kak…..
    fighting buat nulis ff chapternya ya kak♥♥♥

  4. ini yang jadi anak siapa sih ? bumgwon atau jiyong ??
    kok lebih kekanakan GD dibandingkan anaknya 😀
    .
    ini cerita bagus thor.. indonesia bangett ❤

  5. wuaahh keren, cerita sejarah dari Indonesia dibawa². jarang² ada ff kyk gini.

    suka pas jiyong tiba² cerewet nebak² jalan ceritanya hahaaa

  6. Sangkuriang. Aku udah familiar banget sama cerita rakyat yang satu ini. Karena cerita rakyat itu emang kesukaanku, hehehhe😝 Anaknya jiyong ama dara lucu deh kalo marah gara gara jiyong slalu memotong pembicaraannya. Pokoknya keren deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s